makanan eksis saat ramadhan

5 Makanan dan Minuman yang Eksis Pada Saat Bulan Ramadhan Tiba

Makanan yang Eksis Saat Ramadhan – Makanan istimewa ini dari masa ke masa tetap eksis pada saat bulan Ramadhan. Banyak pula pedagang yang menjual makanan ini dalam bentuk siap saji untuk di nikmati saat berbuka puasa.

Namun, untuk beberapa menu makanan bisa kamu coba buat sendiri di rumah jika ingin mencoba dengan bahan baku yang mudah ditemukan disekitar kita. Berikut ini beberapa makan yang eksis terhidang di meja makan saat bulan Ramadhan tiba dari masa ke masa.

1. Kurma

makanan eksis saat ramadhan
khasiat.co.id

Buah kurma yang hanya bisa tumbuh di daerah timur tengah ini, saat bulan Ramadhan tiba akan sangat mudah kita jumpai. Baik itu dalam bentuk asli buah dengan biji didalamnya atau sudah dalam bentuk olahan seperti selai, minuman sari kurma, dan kue atau biskuit rasa kurma.

Selain kaya akan serat, kurma ternyata mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kadar kalori yang rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah dan seluruh tubuh.

2. Kolak

makanan eksis saat ramadhan
kulinersehat.com

Kolak merupakan hidangan makanan yang juga selalu eksis saat bulan Ramadhan. Setiap daerah menyajikan makanan ini dalam kreasi yang berbeda namun tetap memegang rasa khas kolak yaitu gurih dan manis. Banyak sekali penggemar kolak yang menjadikannya sebagai menu buka puasa.

Tetapi kini kolak tidak hanya hadir seorang diri di dalam gelas atau mangkok. Kini kolak mulai disajikan dengan tambahan ubi, roti tawar, kolang kaling, dan makanan lainnya sesuai selera penikmatnya. Tentunya ini yang membuat rasa kolak semakin lezat.

3. Es Cendol

makanan eksis saat ramadhan
resephariini.com

Cendol yang dipadukan dengan santan, gula merah, dan es batu akan menjadi sangat nikmat untuk di konsumsi. Minuman ini di namai cedol sebab bentuknya yang njendol atau bulat kecil yang terbentuk dari proses cetaknya. Minuman ini berasal dari daerah Jawa Barat. Namun, minuman ini telah mudah untuk kita dapatkan di sekitar kita. Terlebih saat puasa, menu ini juga menjadi pilihan berbuka.

4. Sop Buah

makanan eksis saat ramadhan

Setelah seharian berpuasa, untuk menghilangkan dahaga dan kesegaran menu sop buah dapat mengatasi itu semua. Makanan yang terbuat dari air yang dicampuri berbagai macam buah-buahan, es, susu kental manis dan sirup ini juga banyak yang menyukainnya. Buah-buahan yang berbeda warna lebih menggoda untuk segera dinikmati.

5. Gorengan

makanan eksis saat ramadhan

Makanan seperti tempe, tahu atau bakwan semua yang di balut dengan tepung lalu di goreng menjadi pilihan juga untuk beberapa orang untuk menjadi menu buka puasa. Rasa yang gurih gorengan akan lebih enak di santap dengan saus sambal.

Leave a Comment