Cara Membuat Bakso Belut

Cara Mudah Membuat Usaha Bakso Belut Sukses Di Purwokerto

Cara Membuat Bakso Belut – Usaha Bakso kini sudah menjadi sebuah bisnis yang sudah menjamur dimasyarakat. di artikel kali ini kami ingin membahas bagaimana cara membuat bakso dan bagaimana tips sukses bisnis bakso bagi pemula.

Bakso yakni satu diantara banyak macam hidangan yang lumayan enak di mulut keluarga Indonesia, hampir semua daerah di Indonesia menyediakan makanan yang namanya bakso. Sekarang ini bisnis bakso sudah cukup banyak dan tersebar di tiap tempat, terlebih lagi tak sedikit pula para pengusaha kuliner di Indonesia menyajikan bakso sebagai menu favoritnya.

Sejarah Bakso

Cara Membuat Bakso Belut

Bakso mempunyai hubungan yang erat dengan makanan-makanan Tionghoa-Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari istilah ‘bakso’ itu sendiri. Tahukah anda? sebutan bakso asal mulanya dari kata Bak-So, istilah bakso dalam kamus bahasa Hokkien mempunyai sebuah arti ‘daging giling’. Di daerah asalnya yakni negara Cina, bakso berasal dari babi, binatang laut dan seterusnya.

Sementara itu di Negara Indonesia, karena kebanyakan masyarakat Indonesia beragama islam, maka bakso yang disajikan berasal dari bahan-bahan yang halal seperti daging sapi, daging ikan, dan daging ayam.

Wonogiri dan Malang merupakan kota yang banyak melahirkan pengusaha-pengusaha kuliner bakso. Walaupun, daerah Solo dan Malang terkenal sebagai daerah penghasil bakso.

Kita layak memberikan 4 jempol kepada para pengusaha kuliner bakso asal malang. Kenapa? Karena kerja keras dan semangat mereka, kita semua bisa menyantap lezatnya bakso di rumah, tanpa harus keluar rumah. Dikarenakan seringkali mereka menawarkan barang dagangannya di sekitar rumah kita.

Bakso Asal Solo dan bakso Asal Malang merupakan sebuah kuliner bakso yang dihidangkan dengan perpaduan khas resep Jawa. Bakso yang asal mulanya dari China mempunyai perbedaan dengan bakso Solo maupun Malang.

Bakso China terkadang dibuat dari daging hewan babi dan daging hewan laut serta mempunyai warna sedikit kecokelatan, bentuk baksonya pun tidak bundar seperti yang sering kita jumpai di Tanah air kita. Sedangkan bakso yang berasal dari kota Malang dan kota Solo dibuat dari daging hewan sapi, sehingga terbuatlah bakso yang berwarna abu-abu dan mempunyai bentuk bulat.

Bakso yang berasal China pada umumnya tidak dihidangkan dengan kuah melimpah, namun berbeda halnya dengan kuliner bakso asal Malang dan bakso Solo yang sering kita jumpai disekitar tempat kita tinggal. Kedua sajian makanan bakso tersebut baik itu bakso Solo atau bakso Malang, dalam setiap mangkuknya akan dilengkapi dengan kuah yang melimpah.

Ide cemerlang dari para pengusaha kuliner bakso membuat varian bakso yang bermacam-macam mulai dari bakso goreng, bakso bakar, bakso ikan, bakso tusuk, bakso ayam, bakso cumi serta masih banyak lagi varian nya, tergantung bahan baku yang akan kita gunakan.

Enak atau tidaknya hidangan bakso yang kita buat, tergantung dari bahan baku yang hendak kita pilih. Yakinkan diri anda bahwa bahan baku yang Anda olah adalah bahan yang fresh serta berlebel halal.

Cara Membuat Bakso Belut

Bahan-bahan Bakso:

• daging belut segar sebanyak 500 gr, kemudian bersihkan
• tepung kanji sebanyak 50 gram
• teh lada bubuk sebanyak 0,5 sendok
• 1 sendok teh garam, sesuai selera masing-masing
• bawang putih goreng sebanyak  1 sendok makan
• bawang merah goreng sebanyak 2 sendok makan
• pecahkan 40 gram es batu,
• 2 gelas air sebanyak 2000 ml

Cara Membuat

1. Pertama campurkan terlebih dahulu tepung kanji, bawang merah, bawang putih, garam, lada dan daging sapinya kedalam wadah. Lalu aduk dengan tangan atau bisa juga lewat bantuan alat pencampur, misal food processor

Selanjutnya haluskan daging belut dan bahan-bahan lainnya sampai benar-benar hancur, halus dan tercampur merata. Pemakaian alat bantu dapat membantu kita dalam mengolah bakso dan tentunya lebih efisien dalam hal waktu dan juga tenaga.

2. Apabila bahan adonan susah dicetak sebaiknya campurkan es batu supaya mudah dibentuk.

3. Selanjutnya didihkan air kedalam panci besar hingga panas.

4. Lalu ambil adonan kemudian genggam adonan bakso, setelah itu tekan agar adonan dapat keluar diantara selah-selah jari telunjuk dan ibu jari. Ambil adonan yang sudah keluar memakai sendok, kemudian masukan kedalam air yang sudah kita panaskan sebelumnya. Begitu seterusnya hingga semua adonan habis.

5. Terakhir masak pentol bakso yang sudah Anda produksi memakai panci yang sudah kita panaskan dengan api besar, sampai pentol bakso terlihat mengapung. Setelah itu, angkat bakso yang sudah mengapung.

Itulah tadi Cara Membuat Bakso Belut serta beberapa tips yang perlu Anda usahakan agar bisnis bakso Anda bisa sukses. Usaha bakso memang membutuhkan sikap yang matang dan juga didukung oleh semua unsur.

Jika bisnis Anda sudah berjalan dan semakin sukses, tak ada salahnya apabila Anda memanfaatkan beberapa alat pencetak bakso yang terdapat di sini.

Disamping itu juga, dengan memproduksi bakso yang terbuat dari daging yang layak dikonsumsi serta tidak membahayakan kesehatan pelangga, kita berharap semoga Allah Ta’ala meridhoi usaha kita dunia dan akhirat.

Sekian referensi bisnis yang dapat kami bagikan kepada semoga informasi tentang Cara Membuat Bakso Belut bagi pemula dapat berguna.

Leave a Comment