Jajanan Khas Bandung

7+ Jajanan Khas Bandung Yang Sering Dijadikan Oleh-oleh Saat Liburan

Jajanan Khas Bandung – Berkunjung ke Bandung?? Jangan lupa icip-icip kuliner khasnya ya! Karena kota kembang ini selain terkenal dengan mojang-mojangnya yang gareulis namun juga terkenal dengan makanan khasnya yang unik dan enak, dari mulai makanan manis, gurih, sampe pedas yang levelnya nampol, dan juga dari mulai camilan santai sampai makanan berat bisa kamu temukan di Bandung. Nah, sekarang kita simak yuk apa saja sih jajanan khas Bandung itu?

  1.  Jajanan Khas Bandung Surabi / Sorabi

 Jajanan Khas Bandung
foodcious.com

Makanan ini mengawali daftar jajanan tradisional khas kota kembang kali ini, kue yang terbuat dari tepung beras ini menjadi salah satu makanan yang patut dicoba saat main-main kebumi para hiangan. Di Bandung, surabi biasanya di jual pagi hari untuk teman sarapan.

Para penjual surabi biasanya membuka lapaknnya di pinggiran jalan dan memasak surabi dengan menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang enak. Seiring dengan kemajuan pengolahan makanan tradisional di Indonesia, surabi kini disajikan dengan berbagai varian.

Jika dulu surabi hanya di sajikan dengan siraman gula merah atau oncom, saat ini sudah banyak caffe-caffe yang menyajikan surabi sebagai salah satu menunya, dengan diberikan berbagai toping seperti keju, cokelat, sosis dan masih banyak lagi.

Hal ini menjadikan surabi sebagai makanan yang classy dan gak murahan. Yuk, jangan malu beli jajanan tradisional!

  1.  Colenak Oleh Oleh Khas Bandung

Jajanan Khas Bandung
sarihusada.co.id

Namanya cukup unik nyangkut di kuping, ya? Colenak, atau singkatan dari di cocolenak adalah salah satu makanan unik bagi para pendatang di Bandung. Makanan ini terbuat dari tape atau peyeum yang dibakar dengan arang, lalu di lumuri dengan gula merah dan di taburi parutan kelapa.

Colenak adalah salah satu makanan legendaris di kota Bandung karena sudah ada dari sejak tahun 1930 an. Maka dari itu, tidak mudah juga untuk menemukan makanan ini di sembarangan tempat.

  1.  Wisata Kuliner Khas Bandung – Batagor

Jajanan Khas Bandung
resepkuekeringku.com

Nah, siapa yang gak kenal sama camilan yang satu ini? Kalau kalian salah satu pecinta kuliner pasti tau dong Batagor Bandung? Yup! Batagor atau yang berarti baso tahu goreng juga menjadi andalan di kota Bandung, dari namanya saja kita bisa tau kalau makanan ini di proses dengan cara di goreng.

Bahan yang terbuat dari tepung kanji ini saat di goreng akan menghasilkan tekstur yang kenyal, dikombinasikan dengan tahu dan baso yang juga di goreng lalu dilengkapi dengan saus kacang yang Bandung banget.

Batagor cukup tenar di kalangan masyarakat, gak heran kalau kalian sering menemukan gerobak-gerobak yang bertuliskan “Batagor Bandung”, makanan ini sudah bisa kita temukan bukan hanya di Bandung saja, jadi buat kalian yang ada diluar kota Bandung bisa kok nyicipin batagor ini tanpa harus cus dulu ke Bandung.

  1.  Tape atau Peyeum Cemilan Khas Bandung

Jajanan Khas Bandung
foodtechsgu14.blogspot.co.id

Tape atau Peyeum yang tadi disebutkan sebagai bahan dasar colenak juga tidak kalah soal rasa, makanan yang terbuat dari singkong yang di fermentasi ini juga bisa jadi camilan saat sedang santai. Fermentasi menggunakan ragi membuat tekstur dari singkong ini menjadi lembut, rasanya yang sedikit asam menjadi ciri khas dari tape ini. Biasanya tape dijadikan sebagai salah satu buah tangan saat sehabis berkunjung ke Bandung, tape ini biasanya dijual di pusat oleh-oleh atau di kios-kios di sepanjang jalan menuju Bandung.

  1. Makanan Ringan Cilok Khas Bandung 

Jajanan Khas Bandung

Hayooo, yang sering liat sinetron di RC*I pasti tau makanan ini? Sinetron yang mengangkat tema sundaan ini menjadikan Cilok sebagai salah satu iconnya. Gak salah sih, karena cilok ini memang makanan yang nyunda banget.

Nama cilok yang diambil dari bahasa sunda itu sendiri berarti Aci (tepung kanji) di colok (ditusuk), sama halnya seperti batagor, teksturnya pun kenyal. Cilok ini berbentuk seperti baso, dimasak dengan cara dikukus. Makanan ini booming bukan hanya di Jawa Barat aja lho, banyak masyarakat kini mengenal cilok karena rasanya yang enak, biasanya cilok ini disajikan dengan campuran saus kacang, dan kecap. Jadilah cilok sebagai jajanan yang murah meriah dan menjadi camilan disaat santai.

  1.  Jajanan Khas Bandung Kupat Tahu

Jajanan Khas Bandung
goodindonesianfood.com

Nah makanan yang satu ini juga biasanya dipakai sebagai menu sarapan yang praktis oleh warga Bandung dan sekitarnya, sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari Kupat( ketupat/ lontong) dan Tahu, sajiannya sederhana, potongan-potongan tahu dan ketupat disiramdenganbumbukacang yang kentaldangurihmenjadi menu makananfavorituntukmengganjalperut, di tambah dengan taburan kerupuk udang yang kriuk-kriuk dan beberapa bawang goreng. Sekilas makanan ini mirip seperti ketoprak khas Jakarta, namun tentu saja kedua makanan ini memiliki cita rasa yang berbeda.

  1.  Jajanan Khas Bandung Cireng

Jajanan Khas Bandung

Ada cilok, ada juga cireng. Pasti kalian sudah bisa menebakkan apa kepanjangan dari Cireng itu? Yup, great! Cireng, sama halnya dengan cilok. Makanan ini terbuat dari aci dan digoreng. Biasanya cireng polos menjadi jajanan yang laris di kantin sekolah, bisa dimakan langsung atau pun dibumbui dengan penyedap rasa dan bubuk cabe giling yang membuat rasa pedasnya semakin ngegigit, atau bisa juga dicocol dengan saus, sesuai selera sih. Seiring perkembangan zaman, kini cireng tidak hanya polos, ada yang isinya sosis, daging ayam, daging sapi, keju, dan banyak lagi.Enak deh pokoknya!

  1.  Jajanan Khas Bandung Seblak

Jajanan Khas Bandung
momtraveler.com

Makanan ini termasuk jajanan baru di kota Bandung, seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus setengah matang, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu semacam kencur, cabe, bawang putih dan penyedap rasa. Rasa pedas yang khas seblak ini wajib kalian coba, karena seblak memang terkenal dengan rasa pedas yang bisa bikin kamu berkeringat!

Akhir-akhir ini seblak juga memiliki banyak inovasi baru, bukan hanya kerupuk, seblak juga dikombinasikan dengan ceker, tulang, siomay, mie, macaroni dan banyak lagi.

Gimana nih? Daftar makanan di atas udah cukup bikin kamu ngiler, gak? Tentunya masih banyak lagi jajanan-jajanan khas kota Bandung yang bisa kamu coba, selain enak, unik, dan tentunya nyaman di kantong. Hihi

Jadi kalau berkunjung ke Bandung jangan lupa wisata kulinernya, ya…

Leave a Comment