Tekstil Katun Catra

Jenis-Jenis Bahan Untuk Membuat Sprei Berharga Cukup Terjangkau

Jenis bahan sprei – Sprei merupakan suatu lapisan tekstil berbentuk persegi panjang yang umumnya digunakan untuk menyelimuti dan melindungi permukaan tempat tidur supaya terlindungi dari debu. Ada banyak yang jual grosir sprei murah yang mana ada banyak variasi bahan tekstil yang dipakai.

Macam-macam variasi perbedaan kain tekstil sewajarnya dipakai oleh para desainer untuk memproduksi sprei yang mana juga memiliki beragam model desain. Mulai dari bahan jacquard, tekstil sutra, tekstil sprei tc (poly tc), tekstil katun catra, kain katun panca, kain katun cvc, kain katun jepang, hingga bahan katun twill (canon).

Tekstil Jacquard (King Koil)

Tekstil Jacquard
Tekstil Jacquard

Tekstil Jacquard ataupun yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama king koil adalah variasi bahan sprei yang bertekstur lembut dan dingin. Jenis bahan tekstil ini biasanya terbuat dari 100% material katun dengan latar motif dan warna yang tidak terlalu berlebihan. King Koil sendiri merupakan nama pabrik kasur atau tempat tidur yang cukup dikenal oleh dunia.

Bahan Sutra (Silk)

Bahan Sutra
Bahan Sutra

Model tekstil ini terbuat dari kombinasi antara katun dan sutra. Kombinasi Kain Silk memiliki karekter yang lemas jatuh dan memiliki karakternya licin seperti halnya kain sutra. Kombinasi bahan katun ini menjadikan bahan ini bih kuat dan awet, sedangkan campuran sutra yang ditambahkan akan membuat kain sprei tampak modern dan lembut.

Tekstil Sprei TC (Poly TC)

Tekstil Sprei TC
Tekstil Sprei TC

Kain TC atau poly TC adalah salah satu variasi kain tekstil berkualitas rendah yang paling banyak digunakan oleh para pembuat sprei. Untuk harga kain TC sendiri terbilang sangat murah dan mudah ditemukan dipasaran, Kekurangan kain ini catnya mudah luntur sewaktu dicuci, juga berbulu, dan sifatnya tidak begitu merata.

Tekstil Katun Catra

Tekstil Katun Catra
Tekstil Katun Catra

Tekstil katun catra adalah macam kain sprei yang terbentuk dari campuran katun dan polyester, dengan berbedaan campuran sebesar 80% bahan katun dan 20% material polyester. Dibandingkan dengan bahan katun panca, sifat tekstil katun catra terbilang tekstil paling halus dan lembut, sampai sampai akan berasa nyaman saat dipakai.

Kain Katun Panca

Tekstil Katun panca
Tekstil Katun panca

Seperti kain katun catra, tekstil panca juga terbuat atas kombinasi katun dan polyester. akan tetapi takaran strukturnya ada banyak berbeda yaitu seputar campuran sebanyak 50% katun dan 50% polyester. bahan itu mempunyai tekstur yang adem dan cukup nikmat dipakai meskipun tidak sehalus dan selembut bahan catra.

Bahan Katun CVC

Bahan Katun CVc
Bahan Katun CVc

Semisalnya kita timbang-timbang dengan bahan sprei yang berbeda dengan bahan katun CVC. Bahan tekstil ini lebih dikenal sebagai sprei katun korea yang tergolong cukup nyaman, lembut, adem, tidak mudah kusut, dan yang terpentih mempunyai Kualitas penyusutan tekstil yang rendah.

variasi kain tersebut secara garis besar tersusun atas kombinasi katun dan viscose memiliki berbedaan 60 hingga 75% katun dan sisanya adalah viscose.

Tekstil Katun Jepang

Bahan Katun Jepang
Bahan Katun Jepang

Karakter khas dari bahan katun jepang yang cukup terlihat sangat luar biasa. Kelebihan itu bisa kita lihat dari tekstur tekstilnya cenderung dingin, lentur, halus dan tidak cepat luntur walau pernah mengalami proses pencucian yang berulang ulang. Bahan sprei dari katun jepang juga memiliki susunan tenunan khusus yang saling menyilang antara 1 benang dengan 4 atau 7 benang sehingga tekstur kainnya semakin lembut dan halus.

Kain Katun Twill (Canon)

Bahan Katun twill
Bahan Katun twill

Kain twill atau canon biasa disebut dengan menggunakan nama katun Cina. Secara pokoknya bahan katun twill memiliki dua grade dengan kelas berbeda. tekstil twill dengan tingkat epik mempunyai ciri khas yang sama seperti katun Jepang, sedangkan katun twill tingkat rendah memiliki corak yang tidak mencolok dan tipis.

Demikianlah beberapa bahan yang sering pakai untuk pembuatan sprei yang dijual dipasaran online maupun offline. Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan. sekian dan terimakasih banyak atas waktunya sudah berkunjung.

Leave a Comment