Mendoan makanan khas purwokerto

10 Makanan Khas Purwokerto Yang Wajib Di Coba

Makanan Khas Purwokerto – Membahas kuliner memang tidak ada habisnya. Luasnya wilayah Indonesia sangat luas, penduduk beraneka ragam dan berbeda budaya tentunya memicu perbedaan selera kuliner dari setiap tempat.

Mulai dari rasa, tampilan, bahan baku sampai ke cara menyajikan makanan yang pasti berbeda dan khas dari setiap daerah. Kali ini Purwokerto Channel akan membahas tentang makanan khas dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Berikut ini beberapa rangkuman kuliner maknanan khas Purwokerto yang akan kami bahas dan sangat layak untuk Anda coba saat berkunjung ke Purwokerto.

  1. Mendoan

Mendoan makanan khas purwokerto
Mendoan makanan khas purwokerto

Mendoan menjadi panganan nomor 1 yang harus Anda coba saat berkunjung ke Purwokerto. Tempe dengan ukuran lebar yang kemudian digoreng dengan tepung beras dan terigu, di atas wajan dengan minyak mendidih, dan digoreng tidak terlalu matang alias digoreng lembek.

Disajikan dengan sambel kecap atau dengan lombok (cengis). Nah bahan-bahan membuat mendoan bisa dibawa dalam bentuk bahan sebagai oleh-oleh. Tempe yang masih dibungkus daun dan kertas dan tepung yang sudah dikasih bumbu.

  1. Kripik Tempe

kripik tempe makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Masih dengan olahan dari kedelai. Selain mendoan yang merupakan makanan ‘basah’, Purwokerto juga terkenal dengan tempe yang dibuat sebagai kripik yang crispy. Tempe untuk membuat kripik prosesnya berbeda dengan tempe untuk membuat mendoan.

Kalau tempe untuk mendoan dibuat dengan peragian yang dibungkus daun, dan 1 bungkus tempe bahan untuk 1 mendoan, kalau kripik terbuat dari tempe yang dibuat persegi panjang kemudian diiris-iris tipis. Sangat tipis agar crispy, renyah dan gurih, serta bumbu yang meresap. Irisan tempe dicelupkan ke dalam adonan tepung, namun lapisan tepung ini sangat tipis, digoreng dalam minyak goreng bersuhu sangat tinggi.

Kripik tempe yang terkenal Niti di Jl. Pramuka, namun merk lain juga mulai digemari. Semua toko oleh-oleh pasti menyediakan kripik tempe ini.

  1. Nopia dan Mino

nopia makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Jika Bakpia merupakan makanan khas Jogjakarta. Di Purwokerto ada Nopia. Panganan yang di olah dari adonan gula Jawa yang dibalut tepung terigu berbentuk bundar agak lonjong sebesar telur ayam. Bagian luar putih (makanya kerap disebut ‘telur gajah’), bagian dalamnya coklat berisi gula merah, coklat, atau belakangan berisi juga rasa durian, pandan, dan brambang.

Bagian luar tampak keras, namun begitu digigit terasa ‘keropos’ dan segera kita akan merasakan manisnya gula yang ada di dalamnya. Bagian luar yang agak keras ini karena proses pembuatannya yang dimasukkan ke dalam oven tradisional yang dibakar dengan arang.

Turunan Nopia adalah Mino (mini nopia), yang terbuat dari bahan yang sama, hanya saja dibuat dalam bentuk kecil-kecil, sekira kira-kira 1 – 2 cm. Luarnya putih, dan di tengahnya ada gula merah atau coklat. Nopia dan mino ada di semua toko oleh-oleh.

  1. Jenang Jaket

jenang jaket makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Jenang memakai jaket? Ada-ada saja. He… bukan pembaca. Yang dimaskud adalah Jenang Asli Ketan (Jaket). Makanan yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan santan kelapa ini memang ada di mana-mana. Namun jenang Jaket Purwokerto punya ciri khas tersendiri.

Apabila di lain tempat jenang dibuat dalam bentuk kecil-kecil, dibungkus kertas atau plastik yang dapat sekali ‘mplok’, jenang Purwokerto dikemas dalam bungkus plastik berbentuk persegi. Ada yang polos tanpa wijen, ada pula yang dicampur dengan wijen untuk memperoleh rasa gurih.

Sekalipun terbuat dari ketan, jenang jaket tidak ‘nempel’ di sela gigi, dan kekenyalan jenang jaket ini memberi rasa ketan yang ‘krasa banget’. Pusat produksi jenang Jaket ada di desa Mersi. Namun hampir dipastikan tersedia di semua toko oleh-oleh di kota Purwokerto.

  1. Gethuk Sokaraja

Gethuk Sokaraja makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Hidangan gethuk ini juga khas dari Purwokerto. Meskipun di sebutnya Gethuk Sokaraja. Makanan yang terbuat dari campuran ketela pohon (pohung, bodin) dan gula merah (gula Jawa). Ketela yang direbus, kemudian dihancurkan sambil mencampurkan gula Jawa (gula merah), sampai kenyal, lalu dibentuk bulatan tak beraturan kecil-kecil, lalu digoreng. Rasanya manis khas gula kelapa, namun belakangan muncul varian gethuk goreng rasa durian, rasa nangka, strawberry, dan rasa buah lainnya.

Pusatnya ada di Sokaraja yang berderet di sepanjang jalan kota kecamatan di tenggara Purwokerto ini (perjalanan sekitar 10 menit dari kota Purwokerto). Namun toko-toko oleh-oleh di dalam kota Purwokerto pun banyak yang menyediakan ghethuk goreng.

Bedanya kalau di Sokaraja, Anda bisa membeli langsung kiloan, baru dikemas dalam besek. Yang paling terkenal adalah gethuk gorang ‘ASLI’ milik H. Tohirin, buah karya Mbah Sanpirngad (alm) yang sudah berdiri sejak 1918.

Gethuk goreng yang asalnya merupakan penemuan ‘tak sengaja’ dari Mbah Sanpirngad dan isterinya Sayem ini sudah menjadi ikon makanan Banyumas paling top.

  1. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak daerah yang memiliki soto khasnya masing-masing. Begitu pun di Purwokerto, terdapat soto khas yang bernama Soto Sokaraja. Sokaraja merupakan nama daerah yang ada di Purwokerto. Ciri khas dari soto khas Purwokerto yang satu ini adalah menggunakan ketupat, bumbu kacang serta kerupuk di atasnya. Jika anda ingin mencicipi Soto Sokaraja ini, bisa datang ke Sokaraja.

  1. Lanting

Lanting makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Lanting adalah cemilan khas Purwokerto yang berbentuk angka 8. Cemilan ini terbuat dari singkong dan tambahan bahan penyedap lainnya. Anda bisa mendapatkan makanan ringan yang satu ini di toko oleh-oleh yang ada di Purwokerto. Sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga atau teman. Juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh. Kini lanting juga tak hanya berwana putih saja, ada yang berwarna merah, hijau dan sesuai selera dari rasa yang di inovasikan.

  1. Sate Suhada 

Sate Suhada makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Di Sate Suhada, anda bisa menikmati sate kambing dan gulai kambing yang benar-benar mantap rasanya. Daging yang digunakan adalah daging kambing muda sehingga empuk. Daging kambing yang disajikan bersama dengan bumbu kacang menciptakan rasa yang sangat nikmat. Jika anda ingin berkunjung ke sini, tempatnya terletak di Jalan S Parman, Purwokerto.

  1. Soto Sungeb atau Soto Jalan Bank

Soto Sungeb makanan khas purwokerto
makanan khas purwokerto

Mengapa di namai soto Jalan Bank? ya karena letak dari penjual soto yang berjualan di Jalan Wiratmaja atau jalan yang memang di kanan kirinya berdiri bank-bank swasta maupun milik negara.

Salah satu kuliner soto yang terkenal sejak dulu adalah Soto Sungeb. Sajiannya seperti pada umumnya soto / sroto khas Purwokerto berisi Kupat (bukan nasi), Kerupuk Mie dan Kerupuk warna-warni, tauge, bumbu kacang, bawang goreng, beberapa bumbu pelengkap lainnya. Daging yang digunakan adalah daging ayam kampung yang menjadikan salah satu ciri khas Soto Sungeb. Tempatnya cukup bersih dengan meja-meja yang diberi alas keramik diatasnya agar mudah dibersihkan.

  1. Es Jorok

Es Jorok minuman khas purwokerto
minuman khas purwokerto

Apa yang membuat es ini jorok? Sebenarnya itu hanyalah nama saja. Es jorok ini merupakan es campur khas Purwokerto. Dinamakan es jorok karena tempat jualan es campur ini agak menjorok (masuk) ke dalam. Terletak di Jalan Riyanto, Sumampir yang berada di sebelah utara Universitas Jenderal Sudirman. Es campur ini berisi kelapa muda, alpukat, cincau hitam, kolang kaling, nanas dan mutiara.

 

Leave a Comment