Perguruan Tinggi Negeri di Purwokerto

4 Referensi Perguruan Tinggi Negeri di Purwokerto

Perguruan Tinggi Negeri di Purwokerto – menjadi incaran utama bagi calon mahasiswa setelah lulus dari SMA. Setelah euforia kelulusan masa putih abu-abu usai dan kesenangan corat-coret seragam dan konvoi kendaraan bermotor juga sudah usai. Simpan kenangan baik di masa putih abu-abu untuk membangkitkan kembali semangat, lalu jika kenangan buruk? Anggap saja angin lalu. Kini berubahlah menjadi lebih dewasa.

Image result for ospek

Sebab, kehidupan yang akan kamu jalani seusai lulus SMA akan berubah sesuai keputusan yang kamu ambil.Untuk dirimu yang memantapkan diri lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, untuk menjadi seorang mahasiswa mulai bekali dirimu dengan belajar yang giat untuk mengikuti seleksi di perguruan tinggi yang kamu inginkan.

Pilihlah jurusan yang seusai dengan keinginan dan kemampuan dirimu, meski kadang yang tidak sesuai keingingan justru yang diterima. Namun, selama dirimu masih mampu untuk menempuhnya, hal itu sah-sah saja untuk dijalani. Tetapi, semoga dirimu termasuk ke dalam daftar yang di terima sesuai keinginan ya!
Teruntuk, kalian yang berdomisili di wilayah sekitar Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan sekitarnya.

Untuk menentukan pilihan kampus jangan lupakan hal ini, ingatlah bahwa di daerah Purwokerto, Banyumas di dekat rumah kalian ada beberapa perguruan tinggi negeri yang bisa kalian masukan ke dalam list tujuan untuk menyelesaikan pendidikan lanjut kalian di perguruan tinggi. Berikut beberapa perguruan tinggi negeri yang ada di Purwokerto.

1. Perguruan Tinggi Sekolah Polisi Negara (SPN Purwokerto)

Image result for spn purwokerto

Untuk kamu yang berminat menjadi Polisi, kamu perlu tahu kalau di Purwokerto ada kampusnya yaitu di SPN Purwokerto. Untuk info lebih lanjut kamu bisa datang langsung ke SPN yang beralamat di Jl Letjen Pol Sumarto, Purwanegara, Purwokerto Utara Kode pos: 53126. Lebih dekat kalo kamu menjadikan alun-alun Purwoketo sebagai patokan petunjuk arah untuk datang ke SPN Purwokerto.

2. Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Image result for iain purwokerto
Untuk dirimu yang mempunyai atau ingin mengembangkan basic keilmuan di bidang agama islam, ada IAIN Purwokerto yang beralamat di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 40 yang di akhir tahun 2015 telah diresmikan perubahan nama yang dahulu bernama Sekolah Tinggi Agama Isam Negeri (STAIN) Purwokerto beralih menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto. Kabar terkini yaitu perubahan dari IAIN yang akan beralih menjadi UIN loh guys! For your information, IAIN ini termasuk Perguruan Tinggi Negeri ya, sebab di bawah naungan Kementrian Agama.

Kini IAIN memilliki 5 Fakultas yaitu, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untukmu yang menginginkan menjadi praktisi akademis seperti guru atau dosen, di IAIN Purwokerto terdapat program pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah atau setara SD lalu Program Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Pendidikan Agama Islam tentunya dan masih ada lagi. Lalu fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora. Penasaran? Untuk tahu lebih banyak info IAIN Purwokerto, kamu bisa langsung kunjungi laman www.iainpurwokerto.ac.id

3. Universitas Jendral Soedirman 

Perguruan Tinggi Negeri di Purwokerto
unsoed.ac.id

Yap, universitas ini lebih sering di ucapkan dengan sebutan, UNSOED. Meskipun menggunakan ejaan lama menyebutnya tetap unsud ya. Lokasinya ada di Jl. HR Boenyamin 708, Grendeng, Purwokerto Utara, Grendeng, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122.

Pada awalnya UNSOED memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, dan Fakultas Ekonomi. Dalam perkembangannya, Unsoed membuka beberapa fakultas lagi, yaitu Fakultas Peternakan (1966), Fakultas Hukum (1982), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1993), Program Pascasarjana (1994). Pada tahun 2007, berdiri Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan serta Fakultas Sains dan Teknik.

Pada tahun 2014, terjadi perubahan organisasi, di mana Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan dikembangkan menjadi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan. Selain itu, Fakultas Sains & Teknik juga dikembangkan  Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Masih di tahun yang sama juga UNSOED juga membuka Fakultas Ilmu Budaya yang sebelumnya berada di bawah administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Usia perguruan tinggi ini sudah lebih setengah abad yaitu 53 tahun. Untuk info lebih lanjut, bisa kamu klik www.unsoed.ac.id

4. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

 Perguruan Tinggi Negeri di Purwokerto

Tertarik di bidang kesehatan? ada juga Politeknik kesehatan Kemenkes Semarang. Loh kok Semarang? Jadi begini menurut informasi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang pada awalnya merupakan penggabungan dari 11 (sebelas) Akademi Kesehatan milik Departemen Kesehatan RI di Propinsi Jawa Tengah, yaitu Akademi Keperawatan Depkes Semarang, Purwokerto, Pekalongan, Blora dan Magelang, Akademi Kebidanan Depkes Semarang dan Magelang, Akademi Gizi Depkes Semarang, Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Depkes Semarang, Akademi Kesehatan Gigi Depkes Semarang serta Akademi Kesehatan Lingkungan Depkes Purwokerto yang selanjutnya menjadi Jurusan dan Program Studi di lingkungan Politeknik Kesehatan Depkes Semarang. Nah kampus 7 dari Poltekkes Semarang ini berlokasi di Purwokerto, tepatnya di Jl. Raya Baturraden KM.12, Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Untuk informasi lebih lanjut bisa kujungi www.poltekkes-smg.ac.id

Itulah beberapa referensi perguruan tinggi negeri yang ada di Purwokerto.  Tetap semangat untuk mengejar cita-cita duduk di perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment