Melirik Bagaimana Sejarah dan Profile Universitas Jendral Soedirman Purwokerto No ratings yet.

Profile Universitas Jendral Soedirman Purwokerto – Kampus Unsud memang kerap kali menjadi pilihan masyarakat purwokerto dan sekitarnya ketika ingin melanjutnya sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Kredibilitas kampus ini memang sudah bagus sejak dulu maka tak heran setiap kali membuka pendaftaran mahasiswa, kampus ini memiliki jumlah pendaftar yang sangat banyak.

Sejarah Universitas Jenderal Soedirman

PROFILE Universitas Jenderal Soedirman
unsoed.ac.id

Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu dari 92 universitas negeri yang di bawah naungan administrasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Universitas ini berdiri pada tanggal 23 September tahun 1963 melalui Keputusan Presiden RI No. 195 Tahun 1963.

Kampus yang berada di kota Purwokerto, ibukota Kabupaten Banyumas ini, secara historis didirikan sebagai solusi atas kebutuhan akan pendidikan tinggi di wilayah Karesidenan Banyumas (Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara).

Pada tahun itu, hanya ada sekitar dua kampus negeri di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yaitu di kota Yogyakarta dan kota Semarang. Sumberdaya, Karakter geografis dan kultur di daerah Karesidenan Banyumas, lalu melahirkan ciri khas Universitas Jendral Soedirman sebagai perguruan tinggi yang mempunyai ciri perdesaan dengan senantiasa berpegang pada nilai-nilai kearifan lokal.

Pengabadian Jenderal Soedirman (1916-1950) sebagai nama almamater, merupakan representasi dan aksentuasi bahwa Jendral Soedirman adalah putra terbaik bangsa Indonesia kelahiran tatar Banyumas. Sepak terjangnya yang luar biasa dalam Peperangan Kemerdekaan terdahulu mendudukkan Jendral Soedirman sebagai satu-satunya orang dengan jabatan Panglima Besar dalam historiografi kemiliteran Bangsa Indonesia sampai saat ini.

Selain itu nama tersebut juga merefleksikan ikatan batin dengan TNI Angkatan Darat, dikarenakan sumbangsih institusi berseloka Kartika Eka Paksi ini tidak dapat dipungkiri turut mewarnai kehadiran kampus yang berada di kaki Gunung Slamet ini, melalui peranan Jenderal TNI Dr. AH Nasution, Letjen TNI Gatot Subroto, Letjen TNI A Yani dan Mayjen TNI dr. Azis Saleh dalam mengkomunikasikan kehendak masyarakat Banyumas pada pemerintah pusat. Adalah sosok R. Soemardjito (Residen Banyumas), Letkol Soegiharto (Komandan Korem 071/Wijayakusuma), R. Soeroso, SH (Koordinator Kejaksaaan Karesidenan Banyumas), R. Kriharto (Inspektur Kepolisian Karesidenan Banyumas) dan Dr. HR Boenjamin, merupakan figur-figur yang bersama-sama seluruh masyarakat Banyumas bahu-membahu merealisasikan hadirnya suatu perguruan tinggi negeri.

Pada awal berdirinya, UNSOED terdiri dari 3 fakultas, yakni Pertanian, Biologi dan Ekonomi. Seiring dengan perkembangannya, UNSOED kemudian bertambah 5 fakultas lagi, yakni Peternakan (1966), Hukum (1981), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1985), Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (2007) dan Serta Sains dan Teknik (2007). Sejak 2010, UNSOED diperkuat dua lembaga baru, yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penjaminan Mutu dan Kerjasama (LP3K) di samping adanya Program Pascasarjana.

Sejak didirikannya, UNSOED telah dipimpin Sembilan rektor, yakni R. Soemardjito (1963-1965), Brigjen TNI RF. Soedardi, SH (1965-1974), Brigjen TNI Drs. Soedaman Hadisoetjipto (1974-1982), Prof. R. Djanuar (1982-1986), Prof. Roediro (1986-1992), Prof. Soebardi (1992-1996), Prof. Rubijanto Misman (1997-2005), Prof. Sudjarwo (2005-2010), Prof. Edy Yuwono (2010-2013) dan sejak 2013, amanah sebagai Rektor UNSOED disandang oleh Prof. Mas Yedi Sumaryadi.

Saat ini, UNSOED mempunyai sejumlah lokasi kampus, yaitu Kampus Grendeng (Rektorat, Kantor Pusat Administrasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Universitas Jendral Soedirman Purwokerto ISIP, Perpustakaan Pusat, Auditorium, Masjid Kampus, LP3M, UPT Percetakan, Pusat Kesehatan Mahasiswa, Gedung Pertemuan Soemardjito), Kampus Karangwangkal Sayap Timur (Fak. Peternakan, Fak. Pertanian, Fak. Biologi, Jurusan Ilmu Budaya FISIP, Jurusan MIPA FST, Lab. Riset Terpadu dan Experimental Farm), Kampus Karangwangkal Sayap Barat (Jurusan Teknologi Pertanian Fak. Pertanian, Jurusan Kedokteran Gigi/Farmasi/Keperawatan/Kesehatan Masyarakat/Ilmu Gizi FKIK, Jurusan Perikanan & Kelautan FST, Program Pascasarjana, Pusat Kegiatan Mahasiswa, LPPM, GOR Soesilo Soedarman, Asrama dan Rusun Mahasiswa dan RS Gigi dan Mulut Pendidikan), Kampus Margono (Jurusan Kedokteran FKIK), Kampus Kalibakal (Lab Kedokteran Gigi FKIK) dan Kampus Blater (Jurusan Teknik FST)

Visi dan Misi

profile universitas jendral soedirman
Lombokcempaka.com

VISI

UNSOED dalam pengembangannya akan mewujudkan visi yang telah dirumuskan untuk diwujudkan pada tahun 2034 yaitu “Diakui dunia sebagai pusat pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal”.

MISI

Mengembangkan penelitian dan inovasi unggul untuk pengembangan ilmu dan peningkatan daya saing bangsa.

Menyelenggarakan pembelajaran berkualitas tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkualitas, dan berdaya saing tinggi.

Meningkatkan kualitas kerjasama dengan mitra untuk meningkatkan kemandirian dan partisipasi institusi pada pengembangan masyarakat.

Mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dan transfer teknologi berkualitas tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengembangkan tatapamong universitas yang baik.

Daftar Fakultas dan Program Studi :

PROFILE Universitas Jenderal Soedirman
panoramio.com

Universitas Jenderal Soedirman mempunyai kira-kira 34 Program Studi S1, 4 Program Profesi, dan juga 11 Program Studi D3 yang terletak di 8 (delapan) fakultas, yaitu Biologi, Peternakan, Ekonomi, Pertanian, Ilmu Sosial, Hukum dan Politik, Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan serta Sains dan Teknik.

Fakultas Pertanian

S1 Agroteknologi yang sudah terakreditasi A

S1 Agribisnis yang sudah terakreditasi A

S1 Teknik Pertanian yang sudah terakreditasi B

S1 Ilmu dan Teknologi Pangan yang sudah terakreditasi B

D3 Agribisnis yang sudah terakreditasi B

D3 Perencanaan Sumber Daya Lahan yang sudah terakreditasi B

Fakultas Biologi

D3 Pengelolaan Sumberdaya Perikanan yang sudah terakreditasi B

S1 Biologi yang sudah terakreditasi A

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

S1 Manajemen  yang sudah berakreditasi terakreditasi A

S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan  yang sudah terakreditasi A

S1 Akuntansi  yang sudah terakreditasi A

D3 Administrasi Keuangan  yang sudah terakreditasi B

D3 Kesekretariatan  yang sudah terakreditasi C

D3 Bisnis Internasional  yang sudah terakreditasi A

D3 Akuntansi  yang sudah terakreditasi A

S1 Pendidikan Ekonomi

Program Profesi Akuntan

Fakultas Peternakan

S1 Peternakan yang sudah terakreditasi A

D3 Produksi Ternak yang sudah terakreditasi A

Fakultas Hukum

S1 – Ilmu Hukum yang sudah terakreditasi A

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

S1 Sosiologi yang sudah terakreditasiA

S1 Ilmu Administrasi Negara yang sudah terakreditasi A

S1 Ilmu Komunikasi yang sudah terakreditasi A

S1 Ilmu Politik yang sudah terakreditasi A

S1 Ilmu Hubungan Internasional (dalam proses akreditasi)

S1 Sastra Inggris yang sudah terakreditasi B

S1 Sastra Indonesia yang sudah terakreditasi B

S1 Sastra Jepang (dalam proses akreditasi)

D3 Bahasa Inggris yang sudah terakreditasi B

D3 Bahasa Mandarin (dalam proses akreditasi)

S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan

S1 Pendidikan Dokter yang sudah terakreditasi B

S1 Pendidikan Dokter Gigi yang sudah terakreditasi B

S1 Kesehatan Masyarakat yang sudah terakreditasi B

S1 Farmasi yang sudah terakreditasi C

S1 Ilmu Keperawatan yang sudah terakreditasi B

S1 Ilmu Gizi (dalam proses akreditasi)

S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Program Profesi Dokter

Program Profesi Ners

Program Profesi Dokter Gigi

Fakultas Sains dan Teknik

S1 Matematika yang sudah terakreditasi B

S1 Fisika yang sudah terakreditasi B

S1 Kimia yang sudah terakreditasi B

S1 Manajemen Sumberdaya Perairan yang sudah terakreditasi B

S1 Budidaya Perairan yang sudah terakreditasi A

S1 Ilmu Kelautan yang sudah terakreditasi B

S1 Teknik Elektro yang sudah terakreditasi B

S1 Teknik Sipil yang sudah terakreditasi B

S1 Teknik Geologi yang sudah terakreditasi C

S1 Teknik Informatika yang sudah terakreditasi C

D3 Teknik Industri (dalam proses akreditasi)

Please rate this

Leave a Comment