Tempat wisata Sapta Tirta Pablengan Karanganyar

Keunikan Tempat Wisata Sapta Tirta Pablengan Karanganyar

Tempat wisata Sapta Tirta Pablengan Karanganyar – Seberapa penting sumber air bumi untuk kehidupan kita? Pastinya kita nggak bisa terpisah dengan air kan ya? Sumber air yang jernih dan sehat tentu sangat kita butuhkan untuk keberlangsungan hidup. Tapi bagaimana kalau sumber air alami yang keluar dari bumi memiliki berbagai rasa dan khasiat masing- masing.

Pernahkah sobat sekalian melihatnya? Ada yang penasaran nggak ya? Yuk, mari kita simak bersama. Di kota tercinta, Kabupaten Karanganyar, ada satu tempat wisata yang cukup keren dan unik. Namanya “Sapta Tirta Pablengan” yang terletak di kaki Gunung Lawu, sekitar 3 kilometer dari pusat kota Karanganyar. Di tempat seluas kurang lebih 1 hektar ini, terdapat tujuh mata air unik yang letaknya saling berdekatan.

Apa yang unik dengan ke-tujuh mata air ini?

Tempat wisata Sapta Tirta Pablengan Karanganyar
indonesiakaya.com

Meskipun letaknya berdekatan (sekitar 5 meter dan paling jauh 13 meter), namun ke-tujuh mata air ini memiliki kandungan yang berbeda- beda dengan khasiat masing- masing.

Air Bleng yang memiliki rasa asin dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit katarak, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat kerupuk nasi (kalau di tempat saya namanya karak).

Air Urus-urus yang merupakan mata air paling asin di kawasan ini dipercaya dapat membantu mengobati orang yang sakit sembelit karena dapat membantu memperlancar buang air besar.

Berikutnya, Air Soda yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit dalam serta menurunkan kolesterol, gula, dan asam urat. Uniknya, air soda ini memiliki rasa yang tak kalah dari air soda kemasan yang biasa kita minum. Tapi ini air soda alami, keluar langsung dari perut bumi.

Ada juga Air Kasekten yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, dapat menambah keberanian dan kewibawaan.
Air Hangat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Banyak wisatawan yang menggunakan air ini untuk mandi, dengan harapan bisa sembuh dari penyakit kulit.

Ada yang ingin awet muda tanpa kosmetik? Mungkin bisa mencoba membasuh muka dengan Air Hidup yang mengandung belerang dan dipercaya dapat membuat awet muda.

Sementara, satu-satunya sumber mata air yang tidak bisa dikonsumsi adalah Air Mati, karena sumber mata air ini mengandung karbondioksida. Sesuai dengan namanya, air mati ini juga terlihat sangat tenang dan cenderung agak horor kalau menurut saya sih.

Saya rekomendasikan untuk mengunjungi tujuh mata air keren ini. Selain Sapta Tirta Pablengan, masih banyak obyek wisata menarik khas pegunungan di kota kami. Jangan lupa berkunjung ya.
Selamat datang di Karanganyar, Kota Tenteram.

Leave a Comment