Tempat Wisata Religi Di Kota Kudus Yang Sering Dikunjungi Wisatawan No ratings yet.

Tempat Wisata Religi di Kota Kudus – Berwisata merupakan salah satu cara untuk menyegarkan pikiran manusia dari rutinitas yang menyibukan dan mampu melepaskan penat yang terasa begitu menyesakkan. Bagi sebagian manusia, alam menjadi pilihan sebagai tempat yang menenangkan juga menyejukkan hingga seringkali menjadikannya sebagai tujuan untuk berwisata.

Namun kali ini akan sedikit berbeda, selain mampu menenangkan jiwa juga bisa menambah keimanan kita. Yaps. Tepatnya kita akan melakukan perjalanan wisata religi. Bagaimana guys? Mantap bukan? Dan salah satu kota sebagai tujuan berwisata religi ialah kota Kudus.

Pernah mendengar nama kota Kudus? Belum pernah? Baiklah. Akan aku perkenalkan. Kota Kudus merupakan salah satu kota kecil yang ada di Jawa Tengah. Kota Kudus identik dengan kota wisata religinya. Bagaimana bisa? Di kota Kudus ini dulunya sebagai tempat penyebaran untuk menyiarkan agama Islam oleh para walisongo terkhusus sunan Kudus (Raden Ja’far Shodiq) dan sunan Muria (Raden Umar Said).

Tempat Wisata Religi di Kota Kudus

tempat wisata religi di kudus makam sunan Kudus

Kalian bisa berziarah ke makam sunan Kudus yang terletak di sekitar kompleks menara kudus yang tidak jauh dari pusat kota. Disini kalian bisa belajar lebih mendalam tentang bagaimana penyebarannya dengan juru kunci makam Sunan Kudus.

Di area makam sunan Kudus juga terdapat peninggalan bangunan Menara Kudus yang sangat artistik bercorak candi Hindu Majapahit. Bangunan menara Kudus ini menggunakan ornamen batu merah bata yang konon katanya dipasang tanpa pekrekat semen.

Unik bukan? Nah selanjutnya kalian bisa berziarah ke makam sunan muria yang terletak di daerah lereng Gunung Muria. Jarak antara kompleks makam sunan Kudus dan makam sunan Muria lumayan jauh sekitar 19 KM dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 1,5 jam.

Memang sedikit melelahkan, akan tetapi pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah mengindahkan. Untuk sampai di area makam sunan Muria, kalian disediakan berbagai pilihan. Jika menggunakan motor, kalian bisa mengendarainya langsung menuju ke area makam Sunan Kudus.

Namun perlu diperhatikan kalian harus berhati-hati karena jalan menuju ke sana terjal dan sedikit curam. Atau kalian menitipkan sepeda motor kemudian berjalan atau mendaki anak tangga yang langsung tertuju pada makam area.

Dalam pendakian ini kalian akan melihat pemandangan alamnya sekaligus para pedagang yang menjajakan jualannya. Ada souvenir, pakaian, makanan khas dan lainnya. Jadi jangan khawatir jika kehausan kalian bisa melipir sebentar. Atau pilihan lainnya kalian bisa memanfaatkan layanan jasa ojek yang tersedia.

Di dalam area makam terdapat air segar berwadah gentong peninggalan sunan Muria yang berasal dari mata air Gunung Muria. Air tersebut dapat dimanfaatkan peziarah untuk diminum. Tak sedikit dari mereka membawa botol air kosong lalu diisi dengan air dalam gentong tersebut.

Setelah berziarah kalian juga bisa menikmat obyek wisata air terjun montel yang letaknya tidak jauh dari area makam itu disebelah utara makam sunan Muria tepatnya dikaki Gunung Muria. Lagi lagi kalian akan menikmati pemandangan alam dengan udara yang menyejukkan. Bagaimana? Tertarik untuk melakukan wisata religi satu ini? Dijamin akan menemukan sensasi tersendiri.

Please rate this

Leave a Comment